Prosedur Untuk Redress Data di manifest

KELENGKAPAN DOKUMEN PERMOHONAN PERBAIKAN DATA BC 1.1 INWARD MANIFEST

Persyaratan Umum:

  1. Surat Permohonan
  2. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen bermaterai
  3. AWB/Copy Original AWB
  4. Invoice dan Packing List
  5. Surat Kuasa jika dikuasakan
  6. Surat Tugas

 

Persyaratan Tambahan per Objek Perbaikan:

  1. Perbaikan Nama Consignee
  2. Nama Agen Forwarder/NVOCC
    1. Kesalahan/Salah Ketik Airline/ Data blank (menunjukkan AWB Asli saat pengajuan permohonan)
      1. Permohonan Redress dari Airlines
      2. Surat Pernyataan Salah Input dari Airlines
      3. Cargo Manifest
      4. BAW jika diperlukan
    2. Kesalahan/Salah Ketik Agen Forwarder Origin
      1. Cargo Manifest
      2. Statement Letter dari agent origin Langsung dikirim ke email : [email protected];
      3. Revisi AWB sesuai permohonan disahkan cap airlines
      4. Surat Pernyataan Milik
      5. Surat Pernyataan Bukan Milik
      6. Legalitas
      7. BAW jika diperlukan
    3. Nama Importir (perusahaan ke perusahaan)
    4. Kesalahan/Salah Ketik Airline (Direct shipment) (menunjukkan AWB Asli saat pengajuan permohonan)
      1. Permohonan Redress dari Airlines
      2. Surat Pernyataan Salah Input dari Airlines
      3. BAW jika diperlukan
    5. Kesalahan/Salah Ketik Agen Forwarder/NVOCC (konsolidasi)
      1. Permohonan Redress dari Agen Forwarder/NVOCC
      2. Surat Pernyataan Salah Input dari Agen Forwarder/NVOCC
      3. Cargo Manifest
      4. Statement Letter dari agent origin Langsung dikirim ke email : [email protected] (jika salah agen origin)
      5. Revisi AWB disahkan pihak pengangkut (jika salah agen origin)
      6. Foto label barang
      7. BAW jika diperlukan
    6. Kesalahan/Salah Ketik shipper
    7. Revisi AWB disahkan cap airlines
    8. Surat Pernyataan Milik
    9. Surat Pernyataan Bukan Milik
    10. Bukti bayar barang ke shipper, Purchase Order dan sales contract
    11. Statement Letter dari Shipper Langsung dikirim ke email : [email protected] (bukti kirim dicetak dan dilampirkan)
    12. Surat Keterangan Hubungan 2 Perusahaan jika berhubungan (kontrak kerja sama, jual beli, sewa gudang dll)
    13. Legalitas (NIK, API, NPWP, SIUJPT)
    14. BAW jika diperlukan

 

 

  1. Nama Importir (menggunakan QQ atau Indent)
    1. Kesalahan/Salah Ketik Airline (Direct shipment) (menunjukkan AWB Asli saat pengajuan permohonan)
      1. Permohonan Redress dari Airlines
      2. Surat Pernyataan Salah Input dari Airlines
      3. Statement Letter dari shipper Langsung dikirim ke email : [email protected] (jika salah agen origin)
      4. Surat Kerjasama Indent
      5. Surat Pernyataan Milik
      6. Surat Pernyataan Sebagai Indentee atau Pelaksana Impor
      7. Bukti bayar barang ke shipper, Purchase Order dan sales contract
      8. Label Pada Barang
      9. Legalitas (NIK, API, NPWP)
      10. BAW jika diperlukan

 

  1. Kesalahan/Salah Ketik Agen Forwarder/NVOCC (konsolidasi)
    1. Permohonan Redress dari Agen Forwarder/NVOCC
    2. Surat Pernyataan Salah Input dari Agen Forwarder/NVOCC
    3. Statement Letter dari agen shipper Langsung dikirim ke email : [email protected] (jika salah agen origin)
    4. Surat Kerjasama Indent
    5. Surat Pernyataan Milik/Indentor
    6. Surat Pernyataan Sebagai Indentee atau Pelaksana Impor
    7. Bukti bayar barang ke shipper, Purchase Order dan sales contract
    8. Label Pada Barang
    9. Legalitas (NIK, API, NPWP)
    10. BAW jika diperlukan

 

  1. Kesalahan/Salah Ketik shipper
  1. Revisi AWB disahkan cap pengangkut
  2. Statement Letter dari shipper Langsung dikirim ke email : [email protected] (jika salah agen origin)
  3. Surat Kerjasama Indent
  4. Surat Pernyataan Milik/Indentor
  5. Surat Pernyataan Sebagai Indentee atau Pelaksana Impor
  6. Bukti bayar barang ke shipper, Purchase Order dan sales contract
  7. Label Pada Barang
  8. Legalitas (NIK, API, NPWP, SIUJPT)
  9. BAW jika diperlukan

 

  1. Nama Importir (Perorangan/karyawan ke perusahaan)
  2. Surat Keterangan Kerja dari pihak perusahaan
  3. Salinan ID Card+KTP
  4. Surat Pernyataan Milik dari perusahaan
  5. Surat Pernyataan bukan milik dari perorangan tersebut
  6. Bukti bayar barang ke shipper, Purchase Order dan sales contract
  7. Legalitas
  8. BAW jika diperlukan

 

 

  1. Perbaikan Nama Notify Party
  2. Kesalahan/Salah Ketik Airline (Direct shipment) (menunjukkan AWB Asli saat pengajuan permohonan)
  3. Permohonan Redress dari Airline
  4. Surat Pernyataan Salah Input dari Airline
  5. Letter of Credit (LC)
  6. BAW jika diperlukan
  7. Kesalahan/Salah Ketik Agen Forwarder/NVOCC (konsolidasi)
    1. Permohonan Redress dari Agen Forwarder/NVOCC
    2. Surat Pernyataan Salah Input dari Agen Forwarder/NVOCC
    3. Cargo Manifest
    4. Letter of Credit (LC)
    5. BAW jika diperlukan
  8. Kesalahan/Salah Ketik shipper
  9. Revisi AWB disahkan cap pengangkut
  10. Letter of Credit (LC)
  11. Surat Pernyataan Milik
  12. Legalitas (NIK, API, NPWP, SIUJPT)
  13. BAW jika diperlukan

 

  1. Redress Jumlah Kemasan
  2. Surat Pernyataan dari Airlines
  3. Laporan Hasil Bongkar dan breakdown bongkar gudang / Laporan Norec
  4. FFM dan FWB dari airline
  5. Cargo Manifest Agen / shipper (jika konsolidator)

 

  • Penambahan Pos
  1. Surat Pernyataan dari Airlines/NVOCC
  2. Laporan Hasil Bongkar dan breakdown bongkar gudang / Laporan Norec
  3. FFM dan FWB dari airline
  4. Cargo Manifest Agen / shipper (jika konsolidator)
  5. Uraian data kelengkapan isian inward manifest

 

  1. Pembatalan Pos
  2. Surat Pernyataan dari Airlines/NVOCC
  3. Cargo Manifest Agen / shipper (jika konsolidator)

 

  1. Redress Berat
  2. Laporan Hasil Timbang Ulang diketahui dan ditandatangani petugas Bea Cukai
  3. Foto barang pada saat timbang
  4. Revisi AWB sesuai permohonan

 

  1. Redress Barang Pindahan
  2. Copy Passpor bagian data diri dan cap kedatangan imigrasi
  3. Format Permohonan, Pernyataan Milik, Pernyataan Bukan Milik dan Pernyataan Keabsahan Dokumen telah disediakan apabila pemohon datang langsung.
  4. Copy Tiket dan Boarding Pass

 

  • Alamat Consignee
  1. Legalitas (NIK, API, NPWP, SIUJPT)

 

 

  • Pecah Pos Sebagian
  1. Shipment Partial
    1. Syarat Umum
    2. Surat pernyataan dari importir bahwa barang dibutuhkan segera (Shipment Back to Back);
  2. Shipment Norec
    1. Syarat Umum;
    2. Surat dari Airline mengenai status barang;
    3. Surat pemberitahuan Norec
    4. Surat pernyataan dari importir bahwa barang dibutuhkan segera (Shipment Back to Back);;

 

  1. Pembukaan Pos
    1. Respon dari sistem
    2. Dokumen penyelesaian Impor yang akan digunakan.

 

  1. Jenis Pos, Nomor/Tanggal AWB dan Nama/Alamat Shipper, Uraian Barang, Jenis Kemasan, dll,
    1. Syarat Umum

Catatatan: Jika dipandang perlu maka petugas bea cukai dapat meminta dokumen lain sebagai bukti pendukung perbaikan data.

Download tabel persyaratan redress disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *